10 Gunung Berapi Paling Besar Dan Masih Aktif Di Indonesia

10 Gunung Berapi Paling Besar Dan Masih Aktif Di Indonesia

Sebuah gunung berapi adalah istilah yang dapat digunakan untuk menggambarkan sistem aliran fluida pana (batuan dengan wujud cair atau lava panas) yang memiliki kepanjangan 10 km di bawah permukaan bumi, termasuk adanya endapaan dari banyak bahan yang dilepaskan oleh gunung meletus. Banyak gunung berapi dapat ditemukan di Indonesia. Banyak gunung berapi telah terbentuk karena keretakan lempeng antara Eurasia dan lempeng Indo-Australia.

Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif karena merupakan bagian dari jalur pegunungan dunia, yakni sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania. hampir seluruh wilayah Indonesia terutama Sumatera, Jawa, Lombok, dan Sulawesi memiliki beberapa gunung berapi aktif tersebar di daerah tersebut. Gunung berapi yang aktif ini dapat meletus kapan saja. Oleh karena itu, Indonesia sering rawan bencana letusan gunung berapi. Gunung berapi apa sajakah yang masih aktif hingga saat ini dan perlu anda ketahui? Langsung saja simak pembahasan dibawah in:

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Talakmau

Gunung Talakmau memiliki tinggi 2.919 meter dan terletak di Sumatera Barat. Secara fisik, Talakmau adalah gunung yang sangat aktif. Juga dikenal sebagai Talamau atau Ophir yang sudah termasuk kedalam gunung tertinggi di Sumatera Barat. Terletak di bagian barat Pasaman karena dianggap sebagai gunung berapi yang sudah tidak aktif. Oleh karena itu, gunung berapi ini tidak menimbulkan ancaman bagi orang-orang yang tinggal di daerah tersebut.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Peuet Sagoe

Gunung berapi setinggi 2801 meter ini terletak di Meureudu, Sigli, Nanggroe Aceh Darussalam. Anda dapat mengetahui bahwa gunung ini termasuk gunung berapi yang aktif di Indonesia dengan melihat bentuknya yang memiliki empat puncak.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Marapi

Wilayah Gunung Merapi ini berlokasi yang sama dengan Gungung Talamau dan Gunung Kerinci yakni Sumatera Barat dan tingginya adalah 2.891 meter. Menurut bentuknya, gunung ini merupakan gunung berapi yang termasuk stratovulkan. Letusan terakhir dari Gunung satu ini terjadi pada tahun 2004 dan juga menjadi bagian dari Bukit Barisan.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Kerinci

Gungun Kerinci juga dikenal sebagai Gunung Gadang dan Puncak Indrapura. Ketinggian Gunung Kerinci adalah 3.805 meter, terletak di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, sekitar 130 kilometer selatan Padang. Gunung Kerinci memiliki keunikan yang di ketahui oleh banyak orang karena memiliki kawah dengan luas 400×120 meter yang penuh dengan air berwarna hijau.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Talang

Gunung berapi yang masih aktif di Indonesia selanjutnya adalah sebuah gunung setinggi 2.597 meter di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan terakhir meletus kembali pada tahun 2007 di Talang. Gunung Talang seperti gunung berapi yang juga aktif di Sumatera Barat dan kawah dari Gunung Talang telah menjadi danau yang disebut Danau Talang.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Dempo

Gunung berapi setinggi 3.173 meter ini terletak di perbatasan selatan Sumatera dan Bengkulu atau lebih spesifiknya berada di wilayah Pagaralam. Anda dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju Gunung Dempo selama kurang lebih 7 jam dari Palembang. Gunung ini diklasifikasikan sebagai gunung berapi dalam golongan stratovulkan. Latusan terakhir yang di keluarkannya terlihat sejak tahun 2009.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Anak Krakatau

10 Gunung Berapi Paling Besar Dan Masih Aktif Di IndonesiaAda gunung berapi terkenal di Indonesia dan luar negeri, yakni Gunung Anak Krakatau. Bahkan, letusan Gunung Anak Krakatau pada tahun 1883 menewaskan 36.417 orang dan menyebabkan lingkungan sekitar tidak terlihat. Kejadian meletusnya Gunung Krakatau pada tahun tersebut dianggap sebagai salah satu tragedi terbesar dalam sejarah. Gunung ini merupakan generasi penerus Gunung Krakatau, terletak di selat Sunda, diantara pulau sumatera dan jawa.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Soputan

Meskipun Anda mungkin tidak sering mendengar nama Gunung Soputan, gunung ini merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung ini terletak di bagian Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, dengan ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut. Gunung ini mulai meletus pada tahun 1785, tetapi letusan paling mematikan terjadi pada tahun 1982 yang mengirimkan hujan abu vulkanik dan beserta hamparan api hingga 4.000 meter di kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Semeru

Semeru termasuk gunung berapi aktif di Indonesia yang terletak di antara provinsi Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sering meminta masyarakat tidak melakukan tindakan apapun di puncak gunung tersebut. Gunung Semeru terakhir meletus pada tahun 2021 lalu dan menyebabkan 14 orang meninggal dunia.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Bromo

Bromo adalah gunung berapi aktif lainnya di Indonesia yang terletak di Jawa bagian timur. Gunung berapi ini tersebar di empat wilayah, yakni di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Sejarah menunjukkan bahwa letusan pertama Gunung Bromo terjadi pada tahun 1775 dan kemudian beberapa tahun kemudian pada tahun 1974 Gunung Bromo meletus dengan dahsyat dan mengakibatkan banyak korban jiwa.

Gunung Api Aktif Saat Ini di Indonesia – Gunung Kelud

10 Gunung Berapi Paling Besar Dan Masih Aktif Di IndonesiaSetelah Bromo, Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur. Terletak di antara Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri ini memiliki ketinggian 1.731 mdpl. Menurut sejarah, sekitar 15.000 orang tewas akibat letusan dari Gunung Kelud yang terjadi sejak abad ke-15. Letusan Gunung Kelud pada tahun 1586 juga menewaskan 10.000 orang dan letusan lain pada tahun 1919 banyak dilaporkan sebagai letusan gunung berapi yang menyebabkan 15.000 ha lahan bagus rusak karena aliran laharnya dan juga menewaskan 6.160 jiwa.

Itulah 11 gunung api yang ada di Indonesia dan masih aktif hingga saat ini. Selain 11 gunung berapi tersebut, terdapat 127 gunung api yang masih aktif di Indonesia, namun PVMBG hanya memantau 69 gunung karena sering meletus.